DITEMUKAN LAGI, CINCIN BERUSIA 1000 TAHUN (ASAL INDIA SELATAN ATAU TIMUR TENGAH?) : MEMPERKAYA JEJAK PERADABAN KUNO MEDAN UTARA

Satu cincin unik bermatakan aksara yang belum bisa dimengerti, ditemukan di kawasan pekong situs Kota China Medan Marelan. Cincin temuan warga ini terbuat dari logam kuning. Belum dilakukan tes laboratorium untuk mengetahui jenis logamnya. Di beberapa bagian nampak korosi karena lama terbenam, diperkirakan dari abad 11 sekitar 1000 tahun yang lalu. Tapi secara umum cincin seberat sekitar 5 gram ini masih utuh. Cincin ini diserahkan warga yang menemukannya (dengan imbalan) ke Museum Kota Lama Medan Marelan untuk menambah koleksi perhiasan kuno museum dan sebagai bahan kajian lebih lanjut.

Kurator Museum Kota Lama Medan, Dr. Edward Mckinnon sedang mengirim ke ahli seni kuno gambar cincin ini untuk membaca misteri makna inskripsi pada mata cincin. Tapi yang jelas tulisannya bukan aksara Cina. Situs Kota Cina sudah terbukti secara ilmiah memiliki temuan temuan artefak budaya India Selatan , termasuk Sri Langka dan juga jejak kaca asal Timur Tengah. Tapi cincin kuno dengan inskripsi ini, aksara India Selatan ataukah Arab kuno?

Perhiasan kuno menyimpan informasi dan tafsir yang kaya tentang masa lalu, bisa dijadikan penanda ekspressi budaya, sebagai karya seni, capaian teknologi, ritual keagamaan termasuk jalur internasional yang mengantarkan peredarannya yang jauh, jauh dari Asia Selatan atau Timur Tengah sampai ke Kota China Medan Marelan, berabad abad yang lalu. (Ichwan Azhari)

sumber : https://web.facebook.com/Dr.IchwanAzhari?fref=ts

Add Comment