Memperingati Hari Kartini, Walikota Medan Ikut Lomba Memasak Nasi Goreng

Dalam rangka memperingati hari kartini ke-137, Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si mengikuti lomba memasak nasi goreng yang diselenggarakan oleh TP PKK Kota Medan di gedung PKK Kota Medan, Rabu (27/4/2016). Lomba memasak ini di ikuti juga oleh Forum koordinasi pimpinan daerah kota Medan, Kepala SKPD dijajaran Pemko Medan serta Camat seluruh kota Medan.

Tampak Walikota Medan dengan piawai meracik nasi goreng buatannya, sementara sang istri yang merupakan Ketua TP PKK Kota Medan Rita Maharani, SH dengan setia memberikan arahan bumbu nasi goreng mana yang terlebih dahulu harus dimasukin.

Dari hasil lomba memasak nasi goreng tersebut, Dewan juri memutuskan bahwa Walikota Medan berhak menjadi juara pertama untuk kelompok FKPD, karena nasi goreng yang dimasak memiliki rasa yang enak dan penampilannya sangat menggugah selera. sedangkan sebagai juara kedua jatuh kepada Yon Marinir dan Polresta Medan sebagai juara ketiga.

Sementara untuk lomba memasak nasi goreng kelompok SKPD berhasil dimenangkan oleh Kepala Dinas TRTB sebagai juara pertama, dilanjutkan dengan Dinas Binamarga sebagai juara kedua dan Bappeda sebagai juara ketiga. Sedangkan untuk kelompok Camat, Dewan juri memutuskan Camat Medan Sunggal sebagai juara pertama, Camat Medan Amplas sebagai juara kedua dan Camat Johor sebagai juara ketiga.

Dikatakan eldin perlombaan yang digelar dalam rangka memperingati hari kartini ini bukan sekedar untuk bergembira bersama saja, tetapi juga harus dijadikan wadah untuk memahami lebih jauh keteladanan dari seorang kartini untuk meneruskan emansipasi dan partisipasi perempuan dalam pembangunan kota pada masa yang akan datang. “Mari kita ambil spirit dan semangat besar dari kepribadian seorang kartini untuk terus membangun karakter bangsa yang berkepribadian tangguh dan mampu mengisi pembangunan kota secara berkelanjutan,”ujar Eldin.

Selain itu melalui kesempatan ini juga Eldin mengajak seluruh pengurus TP PKK Kota Medan baik yang ada di Kecamatan, Kelurahan dan lingkungan agar melanjutkan perjuangan kartini dengan cara meningkatkan partisipasi wanita dalam semua bidang, karena sesungguhnya tidak ada lagi hambatan berarti bagi wanita untuk melakukan sesuatu seperti apa yang dilakukan oleh laki-laki. Bahkan, terkadang banyak pekerjaan yang bila dilakukan oleh wanita hasilnya bisa lebih baik. “Partisipasi wanita dalam pembangunan harus terus kita dorong guna mengembangkan potensinya, namun tanpa menghilangkan kodratnya sebagai seorang wanita,”kata eldin.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Medan Rita Maharani, SH, menurutnya kepeloporan raden ajeng kartini wajib ditiru dan diamalkan, karena berkat Raden ajeng kartini wanita Indonesia telah memproleh hak-haknya sebagai wanita dan memproleh kebebasan. Namun perjuangan ini sepenuhnya belumlah berhasil masih banyak wanita-wanita Indonesia yang perlu diperjuangkan nasibnya, oleh karena itu Rita mengajak seluruh perempuan kota Medan untuk terus meningkatkan partisipasinya terhadap gelora pembangunan memalui kaum perempuan.

“Kita sebagai kaum perempuan perlu mencontoh semangat kartini, apalagi saat ini kaum perempuan dituntut keikutsertaannya dalam mensukseskan pembangunan nasional, namun bukan berarti mengurangi perannya dalam membina keluarga, justru kaum perempuan harus lebih arif dan bijaksana dalam menempatkan fungsinya sebagai ibu rumah tangga,”kata Rita. Selain lomba memasak nasi goreng, peringatan hari kartini ini juga dimeriahkan dengan penampilan fashion show dari para istri kepala SKPD dan istri Camat dengan menampilkan pakean kebaya modern.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Add Comment