RATU INGGRIS KIRIM JAM MEWAH UNTUK SULTAN DELI, HANYA ADA DUA DI DUNIA

RATU INGGRIS KIRIM JAM MEWAH UNTUK SULTAN DELI, HANYA ADA DUA DI DUNIA (Pernah ditawar Olo Panggabean 3 M. Benarkah Dilarikan Dari Istana Saat Peristiwa Berdarah Maret 1946? )

Jam besar mewah dan sangat eksklusif pada zamannya ini menurut yang empunya cerita, dihadiahkan oleh Ratu Inggris kepada Sultan Deli. Mungkin dalam rangka reward Sultan Deli untuk kemudahan kerjasama konsesi perkebunan dan bisnis yang menyertainya. Jam ini hanya ada dua di dunia, satu lagi milik Ratu Inggris dan disimpan di istana kerajaan Inggris di London. Penasaran dengan cerita itu, Olo Panggabean, tokoh pemuda legendaris dari Medan berangkat ke London dan ingin membuktikan cerita itu. Ternyata benar, jam antik persis yang di Medan ini, ada di istana Ratu Inggris. Olo ingin memilikinya karena ini penting untuk prestise dan menawar jam itu 3 M. Sayang pemiliknya ingin 4 M dan belum sempat nego berjalan, Olo Panggabean meninggal dunia.

Patik mendapat kesempatan 4 kali melihat jam ini dan mendapat izin sekali untuk memotretnya. Tinggi jam ini sekitar 3 meter lebar 40 cm. Ada 4 patung berwarna kuning emas di sisi bawahnya, juga ada laci untuk menyimpan barang berharga. Beberapa ornamen peradaban barat nampak di berbagai sudut jam. Jam ini dipesan khusus untuk Sultan Deli (jika benar, oleh Ratu Inggris) dari pabrik jam mewah The New Haven Clock co U.S.A di Amerika. Di pesan khusus karena ada lambang Kesultanan Deli di jam itu.

Jam ini meninggalkan banyak misteri. Adakah yang pernah melihat foto jam ini saat berada di dalam istana Sultan Deli? Benarkah jam ini dilarikan saat atau menjelang Peristiwa Berdarah Maret 1946 yang menghancurkan dan membakar istana Sultan Deli? Menurut yang empunya cerita yang sekaligus pemilik jam ini sekarang, jam ini saat ditemukan tidak utuh. Bagian bagiannya dikumpulkan dari berbagai tempat selama bertahun tahun. Ada bagian yang ditemukan di Batubara, ada bagian yang ditemukan di Labuhan Deli dan tempat tempat lain, sampai akhirnya ditemukan semuanya dan dapat disusun utuh sebagaimana nampak dalam foto.

Kemewahan barang barang milik Sultan Deli sudah disebut dalam beberapa literatur antara lain Karl Pelzer yang menyebut Sultan Deli pernah memiliki mobil mewah Roll Royche yang hanya ada dua di dunia pada masa itu. Tapi jam mewah ini belum patik temukan di dalam literatur. Yang menjadi misteri juga kenapa di jam itu ada angka tahun 1856, padahal tahun itu, kemakmuran karena Tembakau Deli belum menggegerkan Eropa. (Ichwan Azhari)

Add Comment