Wakil Walikota Medan Resmi Membuka Pagelaran Seni Budaya Multi Etnis Kota Medan

Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution, MSi secara resmi membuka pagelaran seni budaya multi etnis kota Medan tahun 2016 di Lapangan merdeka Medan, Senin (25/4/2016) malam. Hadir dalam kesempatan ini Wakil Ketua DPRD Kota Medan H. Iswanda Nanda Ramli, SE, Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai Drs. H. Eka Edi Syahputra, Wakil ketua TP PKK Kota Medan Nurul Khairani Lubis, Unsur Forum koordinasi pimpinan daerah kota Medan, para Kepala SKPD di jajaran Pemko Medan, Camat se-kota Medan serta para pelaku dan penggiat kesenian dikota Medan. Melalui kesempatan ini Akhyar menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan yang telah memprakarsai berlangsungya event ini, sebab event ini dinilai memiliki arti yang cukup penting untuk mempublikasikan kepada masyarakat luas bahwa Medan merupakan kota yang multikultural, yang memiliki banyak keragaman budaya dengan ciri yang khas sebagai suatu kekayaan budaya Kota Medan.

Disamping itu pula menurut Akhyar budaya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kebiasaan dan tradisi masyarakat, sehingga menjadi jati diri suatu daerah/bangsa. Kekayaan budaya daerah dan nusantara selalu menggambarkan keberagaman indentitas lokal yang mewakili lingkungan, latar belakang sosial, ekonomi dan golongan masyarakat. Demikian pula halnya dengan Kota Medan yang dikenal sebagai “miniaturnya Indonesia”, memiliki suku, etnis dan budaya yang begitu beragam sehingga memberikan warna yang begitu banyak pada aneka seni dan budaya di Kota Medan.
Dengan digelarnya event ini, Akhyar berharap dapat menjadi upaya untuk menjaga dan melestarikan sekaligus mewariskan seni budaya kepada generasi penerus sehingga mampu memperkokoh kedudukan dan fungsi kota Medan sebagai kota yang multikultural.

“Mari kita jadikan event ini sebagai salah satu momentum terbaik dalam melakukan pembinaan serta pelestarian seni budaya dan sarana hiburan yang dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap kota Medan sebagai kota rumah kita,”ujar Akhyar.
Sebelumnya Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata kota Medan Drs. Hasan Basri, MM mengatakan pagelaran seni budaya multi etnis kota Medan ini akan berlangsung selama 3 hari mulai dari hari Senin (25/4/2016) hingga hari Rabu mendatang (27/4/2016).

“Event ini berlangsung selama tiga hari, dan akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi seni budaya, pameran UMKM, Fashion show, serta pertunjukan artis lokal dan ibukota,”kata Hasan Basri.
Tujuan diselenggarakannya event ini menurut hasan basri sebagai upaya melestarikan seni budaya yang ada dikota Medan sekaligus memperkenalkan seni budaya kota medan kepada wisatawan yang berkunjung ke kota Medan.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Add Comment