Walikota Medan Buka Bimtek Analisis Jabatan di Lingkungan Pemko Medan

Analisa jabatan merupakan suatu proses pengumpulan data jabatan untuk dianalisa, disusun dan disajikan menjadi informasi jabatan sebagai dasar bagi program manajemen kepegawaian, kelembagaan, ketatalaksanaan dan pengawasan yang berpedoman kepada peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara.

Hal ini disampaikan Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si diwakili Asisten Administrasi Umum IkhWan Habibi Daulay, SH. M.Hum, saat membuka bimbingan teknis (bimtek) analisis jabatan bagi Pegawai Pemko Medan, di Hotel Garuda Plaza, Medan, Rabu (19/4/2017). Bimtek yang diadakan selama dua hari dari tanggal 19 hingga 20 April 2017 ini diikuti sebanyak 136 peserta yang terdiri dari Kasubbag Umum atau Kasubbag yang menangani masalah kepegawaian dan staf yang menangani analisis jabatan dimasing-masing SKPD dilingkungan Pemko Medan.

Ikhwan Habibi Daulay ketika membacakan sambutan Walikota Medan mengatakan Analisis jabatan ini bukanlah merupakan analisa pribadi atau individu personel dalam jabatan, tetapi merupakan analisa teknis yang berkenaan dengan karakteristik jabatan tersebut. Karena itu, dalam pelaksanaan bimtek ini perlu adanya beberapa tujuan yang harus dicapai salah satunya ialah untuk meningkatkan kualitas perencanaan pegawai khususnya penyusunan formasi yang rasional dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien.

Melalui bimtek analisis jabatan ini, Ikhwan berharap dapat membantu dan memudahkan SKPD dalam melakukan manajemen organisasi, terutama tatakerja dan pembagian tugas pokok dan fungsi, serta uraian tugas yang lebih jelas, sehingga analisa jabatan dan analisa beban kerja harus dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi penyempurnaan organisasi dan tata laksananya. “Dengan menempatkan orang yang tepat di jabatan yang tepat diharapkan penyelenggaraan pemerintah dapat berjalan dengan lancar dan dapat melahirkan berbagai inovasi dan gebrakan baru untuk menunjang pekerjaan kita.” harap Ikhwan Habibi.

Sebelumnya Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Kota Medan Drs. Albon Sidauruk dalam laporannya menjelaskan tujuan diselenggarakannya bimtek ini ialah untuk lebih meningkatkan pemahaman peserta tentang penyusunan analisis jabatan sekaligus pemutakhiran data analisis jabatan yang telah disusun oleh seluruh SKPD pada priode sebelumnya karena adanya perubahan struktur dan nomenklatur terbaru di lingkungan Pemko Medan. “Dalam bimtek analisis jabatan ini diundang narasumber dari badan kepegawaian negara yakni bapak suhartono dan bapak heriyadi yang khusus membidangi mengenai analisis jabatan.” Lanjut Albon.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Add Comment